Skripsi KLIPUlasan Buku dan Film

Spiderman : No Way Home

Spiderman : Film Superhero Yang Tampil Beda

Sudah dengar tentang film ini atau bahkan sudah menontonnya? Kalo belum, ya berarti kita samaan. Saya juga baru berkesempatan menonton bersama keluarga film box office yang tayang menjelang akhir tahun 2021 setelah hampir dua pekan tayang.

Film ini rilis di Indonesia tepatnya pada tanggal 15 Desember 21 dan langsung booming. Pemeran Peter Parker kali ini adalah Tom Holland, yang sebelumnya sudah berperan di film Spiderman : Across the Spider Verse.

Spiderman No Way Home
Tayang mulai 15 Desember 21

Sedikit ketinggalan untuk membuat ulasannya namun sayang sekali jika tidak bercerita tentang film berdurasi 2,5 jam ini. Ini adalah film terakhir keluaran Marvel di tahun 2021 yang tampil beda dan membawa nuasa baru dari cerita superhero yang sudah ada selama ini.

Buat saya film ini masih layak kita tonton bersama anak, karena banyak pesan moral yang bisa menjadi bahan diskusi bersama mereka. Untuk adegan perkelahian dan kekerasan yang ada di sepanjang film bisa juga menjadi bahan diskusi bersama anak-anak karena melibatkan efek-efek teknologi yang sangat bagus.

Sekilas Cerita Dalam Film Spiderman : No Way Home

Awal Mula Kisah

No Way Home bisa diartikan tidak ada jalan untuk pulang kerumah. Kenapa film ini mendapat judul seperti ini? Saya pun bertanya-tanya dalam hati saat pertama membaca judulnya.

Ternyata oh ternyata ini konsisten tentang kisah spiderman yang sejak dari seri awalnya adalah seorang superhero yang terlupakan, superhero yang tak bisa memiliki teman dalam perjalanan perjuangannya, superhero yang mengalami kejadian pahit dalam hidupnya.

Pada film kali ini, karena pemutarannya bertepatan dengan waktu sholat ashar, kami tertinggal sekitar 30 menit. Kami masuk saat Peter Parker, sang Spiderman dan teman-temannya mengalami kekecewaan setelah mereka tidak berhasil masuk di Universitas pilihan. Ini terjadi akibat isu bahwa Spiderman berbahaya dan seorang pembunuh.

Peter Parker kecewa dan merasa bersalah kepada teman-temannya yang mendapatkan dampak buruk karena kenal dengannya. 

Dia pun mendatangi rumah Docter Strange yang dulu telah bekerja sama dan membantunya. Dia membuat permintaan agar Docter Strange membantunya kembali ke masa saat tidak ada yang tau tentang dirinya, Peter Parker adalah sang Spiderman.

Docter Strange setuju mengabulkan permintaan tersebut. Akan tetapi masalah datang, saat Spiderman mulai galau jika semua orang melupakan dirinya, terutama yang dia sayangi. Dia pun membuat perubahan permintaan yang akhirnya mengacaukan mantera sihir yang ada.

Mantera sihir ini bekerja sebaliknya dan membuka portal dunia spiderman yang lain.

Baca juga : Kemeriahan dalam acara Konferensi Ibu Pembaharu

2 Portal Dimensi Spiderman Lainnya Terbuka Lebar

Ada dua portal Spiderman yang akhirnya terbuka akibat pengucapan kesalahan mantera. Para penjahat dari kedua portal ini pun masuk ke dunia spiderman yang sekarang. Mereka hidup kembali pada dimensi ini dan mulai berbuat keonaran. 

Di masa ini, dengan kecanggihan teknologi  Spiderman bersama Docter Strange berhasil menangkap para penjahat yang tersesat dan memenjarakan mereka untuk kemudian mengantar mereka kembali ke dunia mereka masing-masing.

Tetapi sesaat sebelum Docter Strange akan mengembalikan para penjahat tersebut, Green Goblin memohon untuk dapat kesempatan kedua memperbaiki diri. Spiderman luluh dengan permohonan tersebut dan akhirnya memberikan bersedia membantu para penjahat tersebut untuk dapat kembali bisa hidup normal dengan kecanggihan teknologi yang ada di masa ini.

Dr Octopus adalah penjahat yang pertama berhasil kembali normal dan berjanji untuk membantu kesembuhan rekan-rekannya yang lain.

Goblin sang Penghasut

Semua proses penyembuhan hampir berjalan lancar, namun gangguan dari Green Goblin mengacaukannya. Dia menghasut para penjahat lainnya dan menyatakan bahwa kekuatan yang mereka miliki bukan keanehan. Kekuatan tersebut adalah anugerah agar mereka tidak lagi mendapatkan hinaan dan bisa menguasai dunia ini.

Para penjahat terhasut dan berusaha menghentikan Spiderman yang mau menyembuhkan mereka. Terjadilah pertempuran hebat dan Bibi May, Bibi spiderman, terbunuh oleh Green Goblin.

Spiderman sedih dan menyalahkan dirinya. Maksud baiknya ternyata mendapatkan balasan jahat sehingga mengakibatkan sang Bibi terbunuh. 

Spiderman marah dan ingin menghancurkan portal mantera yang bisa mengembalikan semua penjahat ke dunia mereka masing-masing. Dia akan membiarkan para penjahat tersebut kembali terbunuh di dunia mereka masing-masing.

Akan tetapi teman-temannya datang dan menyadarkannya. Mereka mengingatkan lagi pesan Bibi May yang mau Spiderman memberikan kesempatan kedua kepada para penjahat, sehingga mereka bisa kembali baik dan tidak terbunuh.

Tiga Spiderman Muncul dan Bekerja Sama

Salah satu teman Spiderman berhasil memunculkan portal untuk memanggil para Spiderman dari portal yang berbeda. Mereka bertiga akhirnya bekerja sama. Mereka sepakat untuk membuat ramuan penyembuh bagi para penjahat. 

Setelah berhasil membuatnya mereka memancing para penjahat di patung Liberty, penanda kebebasan dan kesempatan kedua. Para penjahat datang, pertempuran terjadi dan para spiderman hampir terpojok, akibat tidak bekerja sama, karena selama ini selalu berjuang sendiri dalam menghadapi para penjahat. Setelah berhasil bekerja sama, mereka berhasil membalikkan keadaan dan mengalahkan para penjahat.

Tetapi kehancuran lebih besar hampir terjadi karena mantera yang salah telah mengundang lebih banyak penjahat yang mengenal Spiderman dari berbagai portal. Para penjahat tersebut memaksa untuk masuk ke dunia spiderman yang sekarang. Kekuatab Docter Strange sudah tak bisa lagi menahannya.

Spiderman harus memilih apakah tetap dengan bertahan melawan mereka atau mengizinkan Docter Strange merapalkan mantera baru yang membuat semua orang melupakan keberadaan dirinya.

Apakah yang akan dia pilih???

Penasaran … boleh langsung nonton saja filmnya. Banyak pilihan jam yang bisa kita ambil. Jangan lupa ajak si kecil agar bisa menyaksikan kecanggihan teknologi serta efek-efek keren yang ada di sepanjang cerita.

Ohya unsur komedi juga ada pada dialog dan adegan dalam cerita Spiderman ini. Jadi penonton yang sedang tenang bisa lebih rileks karena unsur humor itu.

Dan terakhir pesan saya jangan bergerak dari tempat duduk sampai filmnya benar-benar selesai karena akan ada kejutan di bagian akhir khas Marvel.

Pesan Moral yang Bisa Kita Dapat di Sepanjang Film

Dua setengah jam menonton film ini terasa sangat singkat karena sangat menarik dengan tampilan visual efek yang luar biasa. Di sepanjang film juga  banyak pesan moral serta kata-kata bijak yang bisa kita dapatkan.

Berikut beberapa hal yang menurut saya paling menarik.

  1. Kekuatan besar yang kita miliki akan berdampingan dengan tanggung jawab yang besar pula.
  2. Memberikan kesempatan kedua adalah hal bijak yang bisa kita berikan untuk membuat dunia lebih baik.  
  3. Tak ada yang salah dengan menjadi orang baik, karena perbuatan baik yang kita lakukan kepada satu orang berarti kebaikan bagi seluruh dunia.
  4. Jangan menyalahkan diri saat kebaikan yang kita lakukan tidak mengubah sesuatu sesuai dengan apa yang kita harapkan.
  5. Terkadang kebaikan kita disalahgunakan oleh orang lain, tetapi jangan berhenti menjadi orang baik.
  6. Kerjasama tim adalah jalan menuju kesuksesan dan keberhasilan mencapai tujuan.
  7. Sahabat terbaik selalu hadir di saat susah maupun senang.
  8. Berhati-hati dalam setiap perkataan, karena satu kalimat saja bisa membuat perubahan besar ke arah baik ataupun buruk.

Demikian ulasan singkat film Spiderman : No Way Home. Semoga bisa memberikan gambaran singkat dan jadi referensi sebelum memutuskan menonton dan mendapatkan insight lain yang bermanfaat dari film ini.

 

error: Content is protected !!