Skripsi KLIPUlasan Buku dan Film

Reviu Film : Wakanda Forever

Produser : Kevin Feige, Nate Moore

Sutradara : Ryan Coogler

Penulis : Ryan Coogler, Joe Robert Cole

Produksi : Walt Disney Pictures

Casts : Letitia Wright, Lupita Nyong'o, Tenoch Huerta, Angela Bassett, Martin Freeman, Danai Gurira, Michaela Coel, Dominique Thorne, Winston Duke, Richard Schiff, Mabel Cadena

 

Wakanda Forever … tayang mulai 9 November 2022.

Iklan tentang penayangan premiere film keluaran Marvel Studios ini menarik perhatian Kak Kia dan dia pun mengajak saya untuk menonton. 

Saya yang tidak mengikuti serial Marvel pun bertanya tentang apa film ini? Sekilas dia bercerita bahwa ini adalah salah satu sekuel dari serial tokoh superhero keluaran Marvel. 

Saya kembali bertanya apakah ini sama dengan film Black Adam yang kami tonton bulan lalu. Dia pun menjawab iya, dan dengan sangat bersemangat dia mengajak saya untuk menonton bersama.

Awalnya saya malas banget nonton premier karena antrian yang pasti panjang dan tiket yang tiba-tiba jadi mahal. 😕 Namun untuk menyenangkan si sulung, saya pun searching di situs XXI dan melihat info film ini. 

Film ini masuk kategori SU atau semua umur, berarti aman untuk membawa duo bocils adiknya. Saya melihat trailernya dan cukup menarik, walaupun mungkin saya tidak akan menyambung dengan jalan cerita karena ini ada seri kedua, dan saya belum pernah menonton film ini sama sekali. 

Terakhir, harga tiket masih normal dan kursi penonton juga masih bisa dapat di lokasi yang pas. Akhirnya saya pun ikut memesan 4 tiket premiere Wakanda Forever untuk penayangan Kamis, 10 November 2022, tepat di hari pahlawan. Apakah kisah ini bisa menjadi media belajar tentang arti kepahlawanan juga?

 

Kisah Dimulai

Seperti biasa setiap menonton film kami pasti masuk setelah studio gelap, alias terlambat. Penayangan tepat saat waktu sholat Ashar dan kami harus sholat terlebih dahulu. 

Kursi kami berada di bangku kedua dari atas, posisi yang sangat pas, karena mata tepat ke arah layar. 

Adegan pertama dimulai dengan ritual pemakanan T’Challa atau sang Black Panther, penjaga kota sekaligus raja di negara Wakanda. Terlihat wajah-wajah sedih mengiringi kepergian jenazah sang raja yang diangkat naik ke atas sebuah pesawat untuk dimakamkan. Ratu Ramonda dan adik Raja, puteri Shuri, saling berpelukan, sedih, karena tumpuan penjaga negara Wakanda sudah hilang. Pertahanan negara pun mulai melemah, dan negara-negara lain siap menyerangnya.

Negara Wakanda diincar karena memiliki kandungan mineral yang sangat dahsyat, Vibranium, yang bisa menjadi senjata mematikan jika disalahgunakan. Negara-negara tetangga minta Wakanda untuk bisa membagikan mineral tersebut, Ratu menolak tegas, karena tahu bahwa mereka akan menyalahgunakan mineral tersebut. Itikad jahat mereka merebut mineral berhasil digagalkan oleh pihak militer dan para penjahat tersebut dibawa untuk ditunjukkan kepada negara-negara yang memaksa untuk mendapatkan Vibranium.

Namun ada cara lain yang mereka temukan, penemuan alat yang bisa mendeteksi keberadaan batu mineral tersebut. Sebelum berhasil mendapatkannya, komplotan negara asing berhasil dilumpuhkan oleh tentara yang datang dari bawah laut. Kejadian ini menyebabkan banyak jatuh korban dan negara Wakanda dipersalahkan.

 

Wakanda Menjadi Tertuduh

Akibat kejadian ini, negara Wakanda semakin tidak aman. Negara-negara tetangga menyerang mereka secara politik untuk bertanggung jawab. Di sisi lain pembunuh sebenarnya muncul di, di hadapan Ratu Ramonda dan Puteri Shuri, memaksa mereka untuk mencari orang yang membuat alat pendeteksi mineral Vibranium. 

Dia adalah Namor, manusia bersayap pada kaki dan bertelinga runcing, pemimpin suku Talokan, yang tinggal di bawah laut. Suku ini juga memiliki mineral Vibranium yang menjadi sumber matahari dan kekuatan di negara mereka. Jika keberadaan mineral tersebut diketahui pihak luar, maka keberadaan negara mereka juga terancam.

Wakanda mendapat ancaman dari Namor, pilihannya negara mereka diserang atau mencari pembuat alat pendeteksi mineral untuk diserahkan kepada suku Talokan.

Putri Shuri dan Jenderal Okoye turun mencari sang pembuat alat. Dalam perjalanan mencari alat, mereka menemui berbagai tantangan. Pada akhirnya Putri Shuri berhasil membujuk Riri Williams, sang pembuat alat, untuk ikut bersamanya ke negara Wakanda. 

Namun rupanya koalisi negara tetangga mengetahui rencana kepergian dan ikut menangkap mereka. Berhasil lolos dari kepungan musuh, Putri Shuri dan Riri William terjebak perangkap Namor dan menjadi tawanan mereka.

 

Salah Paham

Ratu Ramonda sangat sedih saat mengetahui bahwa putrinya ditangkap dan ditawan oleh Namor. Dia marah kepada sang Jenderal Okoye dan memecatnya. Ratu mengambil alih proses pencarian dan penyelamatan putri Shuri, dengan meminta bantuan agen hebatnya, Nakia. 

Putri Shuri dan Riri Williams berhasil diselamatkan.Dalam usaha penyelamatan jatuh korban dari pihak Namor, sehingga membuatnya marah besar dan menganggap Wakanda berusaha menyerang keamanan negaranya. Apalagi Putri Shuri sudah mengetahui keberadaan kota Talokan di bawah laut.

Namor yang awalnya percaya bahwa sang Putri akan bekerja sama dengannya, murka dan merasa dikhianati. Dia pun bersama pasukannya menyerang negara Wakanda, untuk dibumi hanguskan. 

Akibatnya penyerangan tiba-tiba ini, negara Wakanda rusak parah dan sang Ratu harus tewas dalam pertempuran ini.

 

Balas Dendam

Kesedihan mendalam menyelimuti sang Putri.  Tak ingin larut dalam kesedihan, dia dan Riri Williams bekerja sama untuk membuat alat yang bisa membalas balik semua perbuatan Namor demi menjaga keamanan negaranya. 

Dia pun mencoba menghidupkan kembali kekuatan Black Panther dengan coba menciptakan kembali batu hati dari kekuatan Namor yang didapatkannya. Dia berhasil dan black panther hidup dalam dirinya. Dia pun siap untuk membalaskan kematian sang ibunda.

Dengan kekuatan penuh mereka segera menyerang Namor dan pasukannya. Pertarungan sengit tak terhindari. Dua negara dengan kekuatan yang sangat hebat saling bertarung demi melampiaskan dendam yang bersarang di hati. 

Siapakah yang akan menjadi pemenang? Apakah perang ini akan terus berlanjut hingga kedua negara hancur?

Rasanya tidak akan asyik jika ceritanya disampaikan disini. 😁 Silahkan menonton langsung filmnya, Wakanda Forever, yang menyajikan visual effect yang bagus banget dan sayang untuk dilewatkan.

 

Bagian Paling Berkesan di Film 

Sepanjang film kita akan disuguhkan dengan aneka visual effect yang memanjakan mata. Visual effect ini akan lebih terasa jika disaksikan dengan versi 3D. Kecanggihan AI yang tampak di sepanjang film, membuat saya berpikir, apakah ini masa depan yang akan ada kita hadapi? 

Satu hal lain yang membuat saya sangat berkesan adalah keindahan kota bawah laut Talokan yang sangat luar biasa menakjubkan. Saya jadi ikut membayangkan seandainya bisa mengunjungi kota bawah laut seindah itu. Pengambilan gambar bawah lautnya sungguh sempurna, sehingga tidak terlihat bahwa itu mungkin hanya effect saja.

Film-film karya Marvel Studios selalu bisa bikin saya berdecak kagum dengan detail yang ada.

 

Pelajaran yang Kami Dapat.

Satu kebiasaan yang saya terapkan kepada anak-anak usai menonton adalah menanyakan hikmah apa yang mereka dapat dari tayangan film tersebut. Ini adalah salah satu bentuk latihan keterampilan literasi. Anak-anak belajar bisa menangkap makna tersirat dan tersurat serta hikmah dari cerita untuk diambil pelajarannya bagi kehidupan nyata.

Catatan Penting Pertama.

Jangan berputus asa dan menyerah saat banyak cobaan dan tantangan yang menghadang di depan mata. Ini seperti kisah putri Shuri yang tetap gigih berusaha, walau hatinya hancur setelah kehilangan orang-orang yang dia sayangi. Dengan kegigihan dia berhasil membangkitkan kekuatan Black Panther yang dianggap sudah hilang.

Catatan Penting Kedua.

Balas dendam bukan cara terbaik menyelesaikan permasalahan. Balas dendam membuat lebih banyak masalah dan kekacauan. Balas dendam membuat hati menjadi rusak dan tak bisa lagi berpikir jernih. Memaafkan lebih baik dan ini bisa melembutkan hati, bahkan hati yang keras sekali. Saat putri Shuri, yang telah menjadi black panther, mau memaafkan Namor, maka pertengkaran dan salah paham diantara mereka bisa diselesaikan dengan lebih baik.

 

Demikianlah cerita kami menonton film hari ini. Semoga bisa membuat penasaran dengan keseruan film Wakanda Forever. Yang sudah nonton boleh berbagi kisah di kolom komentar juga ya.

error: Content is protected !!