Cerita KeseharianDokumentasi KirayaSkripsi KLIP

Ramadhan 1443, Ramadhan Ketiga dalam Masa Pandemi.

Suasana panas terik membersamai kami, warga Kota Pontianak, menyambut bulan suci penuh ampunan, bulan Ramadhan 1443 H. Alhamdulillah setelah penantian cukup panjang, menunggu kepastian hilal bulan, Pemerintah akhirnya menetapkan bulan suci Ramadhan jatuh pada tanggal 3 April 2022. Diberi satu hari lagi buat mempersiapkan Ramadhan dengan lebih baik. 🤭

Persiapan Ramadhan Kiraya Family

Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan ketiga yang dilalui dalam masa pandemi covid 19. Namun tahun ini Pemerintah sudah mulai melonggarkan beberapa aturan terkait hal-hal yang identik di masa Ramadhan, seperti ibadah tarawih dan aturan tentang mudik.

H-2 sebelum pelaksanaan puasa, parade obor dari masyarakat Kota Pontianak memeriahkan penyambutan bulan Ramadhan. Ini adalah pemandangan yang sangat dirindukan, setelah dua tahun Ramadhan berlalu tanpa kemeriahan apa pun. 

Di rumah, saya dan anak-anak sudah menyiapkan beberapa rencana untuk menyambut Ramadhan kali ini. Target utama setelah Ramadhan akan ada perubahan baik dalam diri kami sekeluarga.

Saya, Kak Mira dan Dek Yaya mempersiapkan hiasan sederhana untuk menyemarakkan nuansa Ramadhan di rumah kami. Hiasan ini, atas usul mereka, kami gantung di ruang tamu. Beberapa kali perubahan susunan sebelum akhirnya hiasan terpasang dengan rapi dan indah.

Selanjutnya kami membuat jurnal Ramadhan yang berisi tracking ibadah dan kebiasaan baik yang akan dilakukan selama 30 hari ini. Setiap lembar tracking ditempel di lemari Kiraya, agar mudah terlihat dan bisa konsisten untuk diisi. 

Selain jurnal Ramadhan Bunda, ada juga hadiah worksheet untuk anak, yang bisa menjadi teman ngabuburit Kiraya selama Ramadhan. Terima kasih Ibu Profesional buat hampers kecenya. 🥰🥰🥰

Hari ini kami juga tak lupa ziarah ke makam kedua orang yang kami sayangi, yaitu Atok dan Abang Razqa. Kiraya membersihkan makam dan menabur bunga serta air di sana. Ada beberapa pertanyaan yang mereka ajukan saat melihat keramaian orang yang ziarah disana. Saya pun menjelaskan ini merupakan tradisi untuk mengunjungi makam menjelang bulan Ramadhan dalam rangka memberi doa kepada keluarga yang telah meninggal. 

Mereka pun kemudian berdoa bersama di depan makam, mengirimkan doa terbaik buat Atok dan Abang Razqa. 

Persiapan terakhir kami adalah menu sahur dan takjil. Kami sudah merencanakan menu yang akan dibuat untuk 5 hari kedepan. Kiraya sangat bersemangat untuk membantu persiapan bumbu masak dan bahan-bahan lainnya. 

Mereka bekerja sama membantu membuat bumbu dasar dari bahan bawang putih dan bawang merah. Setelah itu membantu memotong bahan-bahan yang akan dimasak pada saat sahur. Masya Allah, hati saya terharu melihat bantuan yang mereka berikan.

Semoga Ramadhan 1443 ini membawa banyak kebaikan buat kita semua.

Yang punya cerita seru tentang persiapan menyambut bulan Ramadhan boleh berbagi di kolom komentar ya. Saya tunggu sharingnya.

error: Content is protected !!