Dokumentasi Kiraya

Proyek Komik di Masa Libur Pandemi.

“Libur telah tiba hore … hore … hore …”

Lagu ini cocok banget kalo dinyanyikan saat liburan dan tidak di masa pandemi. 😁

Saat ini anak-anak sekolah sudah menyelesaikan satu tahapan pendidikan mereka, ada yang naik kelas atau ada yang pindah status menjadi anak SD, atau dari anak SD ke SMP, atau dari SMP ke SMA, dan yang paling spesial, buat sebagian orang tua, dari SMA ke jenjang kuliah. Berasa jadi tambah tua kalau anak sudah kuliah. 😁

Saat ini anak saya ada dua yang mengalami perubahan status. Anak kedua Kak Mira bersiap menjadi anak SD dan Kak Kia bersiap menjadi anak SMP. Mama nya perlu persiapan mental lebih buat mendampingi anak-anak menjalani proses kehidupan mereka yang baru.

Nah sebelum memikirkan tentang proses baru mereka, lebih baik saat ini saya bicarakan tentang masa libur yang sekarang mereka sedang jalani. Saat belum pandemi mencari tiket termurah dan eksplorasi daerah wisata sudah jadi agenda rutin keluarga. Tapi sejak pandemi melanda, saya harus putar otak agar anak-anak tetap bisa menjalani liburan dengan menyenangkan namun tetap aman.

Kenaikan angka penderita Covid 19 gelombang ketiga di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, sedang meningkat tajam. Saya dan suami pun sepakat untuk melakukan liburan di rumah saja dengan merancang proyek produktif bersama anak-anak. Proyek ini lebih khusus ditujukan untuk mengembangkan kemampuan literasi Kak Kia yang sekarang akan bersiap memasuki jenjang SMP.

Literasi dan numerasi merupakan dua kemampuan penting yang harus dikuasai generasi muda agar melek dengan informasi dan siap menghadapi perubahan dunia yang sangat cepat. Di masa libur ini kami akan mencoba merancang dan menjalani satu proyek literasi. 

Kak Kia saat ini lebih menyenangi literasi dengan model visual. Saya pun mengambil kelas komik untuk membantu kelancaran proyek literasi di liburan kali ini.

Kelas Komik

Kelas komik yang diikuti kali ini dari website Sekolah Desain. Iklan dari website ini selalu muncul di beranda media sosial saya. Dan akhirnya pada saat liburan ini menjadi salah satu pilihan saya untuk diambil. 

Saya sedikit kaget ketika bergabung di kelas ini. Ternyata kelas ini merupakan kelas persiapan bagi para pencari kerja. Kenapa saya tau ini kelas pencari kerja, yah karena terbaca ada kartu pra kerja. 😁 

Peserta kelas komik ini lumayan banyak. Ada 44 peserta yang bergabung dalam 1 sesi telegram grup. Pekerjaan komikus ternyata adalah salah satu pilihan pekerjaan yang menjanjikan saat ini. Sama seperti penulis. 😄

Pada kelas komik ini, pembelajaran dibagi dalam beberapa tahapan yang harus diselesaikan sehingga kita bisa mendapatkan sertifikat tanda kelulusan.

Tahapannya adalah sebagai berikut :

  1. Video materi. Disini dibagikan materi penjelasan dalam bentuk video. Ada 11 video dengan maksimal 10 menit yang bisa dinikmati dalam 1 materi. Selesai menikmati materi ada test yang bisa dikerjakan untuk menguji pemahaman kita.
  2. Modul materi. Nah di sini materi disajikan dalam bentuk tulisan dan visual. Peruntukannya untuk orang-orang yang senang membaca daripada melihat video. Ada 5 modul yang tersaji lengkap dan bisa diunduh.
  3. Webinar. Dalam satu sesi pembelajaran, kurang lebih 1 bulan, ada 4 kali webinar yang dilaksanakan bersama narasumber dan bisa ditambah dengan webinar khusus jika dibutuhkan.
  4. Pengujian. Disinilah kemampuan belajar kita akan diujikan. Jika lulus maka akan mendapatkan sertifikat keahlian dalam bidang komik. Tak lupa harus menyelesaikan tugas mingguan. Tugas mingguan inilah yang menjadi proyek literasi Kak Kia.

Proyek Komik

Kak Kia cukup bersemangat mengikuti kelas komik ini. Dengan antusias dia ikut serta dalam kelas webinar dan menyelesaikan tugas mingguan. 

Saat ini dia sudah menyelesaikan tugas pertama membentuk karakter cerita dan dalam proses pengerjaan tahap kedua yaitu storyboard.

Tugas 1

Karena ini proyek liburan yang kami rencanakan, maka saya turut membantu dan membimbing Kak Kia dalam ide cerita dan desain layout. 

Para sepupu yang penasaran dengan proyek Kak Kia

Semoga proyek liburan ini berjalan lancar dan di akhir masa liburan Kak Kia bisa menerbitkan 1 karya ebook-toon miliknya. 

Alhamdulillah liburan di masa pandemi tetap produktif buat keluarga kami walau di rumah saja. 🥰

error: Content is protected !!