ChallengeDokumentasi Kiraya

MERDEKA ALA KELUARGA KIRAYA

Tujuh belas Agustus tahun Empat LimaItulah hari kemerdekaan kita

Alhamdulillah memasuki bulan Agustus, aroma kemerdekaan semerbak mengharumkan jiwa dan raga kita.

Tujuh puluh enam tahun sudah Indonesia merdeka. Tujuh puluh enam tahun Indonesia sudah lepas dari penjajahan.

Tema yang diusung pada tahun ini masih berkaitan dengan masa pandemi yang belum juga usai.

INDONESIA TANGGUH, INDONESIA TUMBUH

Sesuai tema ini kita semua selalu berdoa semoga Indonesia semakin tangguh dan bisa bertumbuh semakin baik kedepannya.

Rangkaian Kegiatan Memeriahkan HUT RI 76 TH

Kemerdekaan tahun ini, kami merayakannya dengan berbagai aktivitas ala keluarga Kiraya.

Tahun ini Kak Kia menjadi wakil kelas untuk mengikuti perlombaan menggambar dengan tema kemerdekaan.

Karya Kak Kia untuk lomba di SMPN 3 Pontianak

Ini adalah karyanya yang dikerjakan selama kurang lebih 1 minggu, mulai dari ide gambar sampai pemilihan warna. Karya ini sudah dikumpulkan pada tanggal 11 Agustus. 

Karya ini menjadi salah satu penanda kemerdekaan versi Kak Kia. Kenapa? Karena akhirnya dia berani mengajukan diri buat mengikuti perlombaan. Dia berani melawankan rasa takut dan ketidakpercayaan dirinya dalam berkarya.

17 Agustus 2021

Tepat pada tanggal 17 Agustus, kami memulai hari dengan berolahraga. Gaya hidup sehat yang mulai coba kami bangun setiap hari di dalam keluarga. Untuk hari ini kami mencoba berolahraga sambil bermain petualangan mengelilingi sekitar lokasi perumahan. 

Petualangan dibagi menjadi 3 sesi, yaitu menuju tempat sarapan, tempat berbelanja dan pulang ke rumah. Tiap sesi akan dipimpin oleh satu orang. Dimulai Kak Kia, Kak Mira lalu Dek Yaya.

Ini merupakan salah satu cara melatih jiwa merdeka dalam diri mereka. Pemimpin adalah orang-orang merdeka yang bertanggungjawab. 

Latihan bersepeda di jalan raya.

Sambil berpetualang, Kak Mira dan Dek Yaya juga belajar mengendarai sepeda melalui daerah ramai seperti jalan raya. Ada satu kejutan yang mereka dapat saat petualangan ini, yaitu bertemu dengan Pippo, kucing kesayangan mereka yang sudah hilang selama beberapa hari.

Persiapan lomba makan kerupuk.

Pulang kerumah, saatnya kita memeriahkan hari kemerdekaan dengan permainan andalan, lomba makan kerupuk.

Saatnya lomba makan kerupuk.

Dari persiapan hingga eksekusi Kiraya yang melakukannya, saya hanya ambil bagian dalam merekam dan menyiarkannya secara langsung pertandingan mereka via medsos.

Kreasi Kiraya

Usai bersenang-senang dengan lomba makan kerupuk, sekarang saatnya kita berkreasi. Kreasi kali ini dengan menggunakan cat air. Kiraya mulai dengan pencampuran warna menggunakan 3 kombinasi warna utama, yaitu merah, kuning dan biru. Beraneka warna bisa mereka hasilkan dan mereka mulai berkreasi. 

Merdeka dari Covid 19

Vaksinasi covid 19 di PCC Kota Pontianak

19 Agustus 

Seiring dan sejalan dengan tema kemerdekaan kali ini, saatnya kita mendukung program Pemerintah dengan gerakan vaksinasi covid 19. Alhamdulillah di hari kemerdekaan saya bisa melaksanakan vaksin kedua setelah tertunda hampir 3 bulan, akibat konfirmasi positif covid 19.

Kesadaran warga Kota Pontianak, khususnya, sudah sangat tinggi dapat dilihat dengan besarnya animo masyarakat yang mengikuti kegiatan vaksin ini. Bersamaan dengan ini, juga digelar acara peresmian penggunaan vaksin kepada ibu hamil dengan usia kandungan 13 – 33 minggu. 

Semoga dengan semakin banyaknya warga Indonesia yang divaksin, pandemi dapat segera berakhir dan kita merdeka dari virus covid 19. Aamiin.

Vaksinasi covid 19 di PKM Gg. Sehat

21 Agustus 

Tak lupa saya mengajak Kak Kia yang sudah berusia 12 tahun untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi covid 19. Hal ini karena pertemuan tatap muda di sekolah yang sudah mulai dilaksanakan. 

Walau dengan perasaan takut, kegiatan vaksin Kak Kia dapat berjalan dengan lancar. Sekarang menunggu 1 bulan sebelum melaksanakan proses vaksin kedua.

“Bagaimana rasanya Kak Kia?” tanya saya

“Tidak sesakit yang Kia bayangkan”, ujarnya sambil tertawa. 

Setelah vaksin Kak Kia terlihat sehat dan tidak ada gejala KIPI yang terjadi.

Merdeka dari Sampah

Goodie bag dari plastik kresek warna merah dan putih.

Penutup dari rangkaian memaknai kemerdekaan ala keluarga Kiraya adalah merdeka dari sampah. Salah satu yang sulit dilakukan, namun dengan segala upaya itu ternyata sangat mudah. Sampah yang selama ini dianggap tidak bermanfaat dan akhirnya hanya menumpuk di TPA, ternyata dengan kemerdekaan berkreasi, barang-barang ini bisa menjadi hal-hal yang luar biasa. 

Seperti tas yang saya buat dari bekas kantong kresek pembungkus daging kurban. Setelah diolah ternyata bisa menjadi tas cantik dengan tema kemerdekaan. Selain mengurangi sampah plastik yang cukup banyak jumlahnya, saya mendapatkan tas goodie bag baru. Asyik …

Menyambut kemerdekaan dan menyayangi bumi ternyata bisa dilakukan secara bersamaan. 

Demikian rangkaian kegiatan keluarga Kiraya dalam memeriahkan dan memaknai kemerdekaan tahun ini. Bagaimana dengan kalian? Yuk bagi ceritanya di kolom komentar.

error: Content is protected !!