Bunda Salehah

Konferensi Perempuan Indonesia (KPI) Tahun 2023

Pada bulan ini tepatnya tanggal 20 – 22 Desember 2023, komunitas Ibu Profesional kembali menggelar event 2 tahunan dalam rangka menghidupkan lagi semangat gerakan perempuan yang menjadi inti dari peringatan hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember.

Momentum pelaksanaan kegiatan ini yang dimulai sejak tahun 2019 secara offline kemudian berlanjut di tahun 2021 yang dilaksanakan secara online dan terakhir dilaksanakan pada tahun 2023 secara online dan offline. 

Pada kegiatan konferensi ini menghadirkan 11 narasumber yang merupakan para wanita hebat. Mereka menceritakan pengalamannya dalam membangun gerakan yang sangat menginspirasi sehingga bisa membawa perubahan dalam berbagai segi kehidupan. 

Gerakan yang mereka bangun semua dimulai dari kegelisahan terhadap permasalahan yang mereka hadapi sendiri ataupun masalah sosial di sekeliling mereka. Namun satu yang pasti mereka menjawab kegelisahan tersebut dengan membuat suatu aksi kecil yang pada akhirnya berkembang sehingga memberikan dampak yang besar.

Perjuangan mereka semua tak mudah dan pastinya membutuhkan konsistensi dan kemauan keras untuk membawa perubahan yang lebih baik, mulai dari diri mereka, lingkungan dan negara Indonesia. 

Semua yang mereka lakukan membawa banyak insight dan semangat baru dalam diri saya pribadi untuk juga dapat bermanfaat dalam kehidupan yang singkat di muka bumi ini.

Saya memulainya dari kegiatan yang diberi nama Watamana. Gerakan ini adalah salah satu cara saya menjawab kegelisahan dalam diri sebagai seorang ibu bekerja di ranah publik dengan 3 orang buah hati. Saat saya merasa bahwa anak-anak mulai keluar dari tujuan yang ingin diraih oleh keluarga, saya merasa ada yang salah dalam perilaku sebagai seorang ibu.

Saya pun mencoba untuk memperbaikinya dengan melakukan beberapa aksi sederhana yang kemudian menjadi gerakan Watamana.

Ini adalah peta konsep kegiatan Watamana secara sederhana.

 

https://padlet.com/KonferensiIP2023/forest-walk-bidang-pendidikan-u0ikfx40tt0zaxsx/wish/2832172589

Watamana sendiri sudah melaksanakan beberapa aksi bersama tim keluarga. Sinergi dan kolaborasi dengan tim keluarga lain serta pihak-pihak yang terkait dengan aksi saat terbuka lebar. Aksi sinergi dapat dilihat pada link berikut : 

 

 

 

 

https://padlet.com/KonferensiIP2023/sinergi-gerakan-kpi-2023-jrr7vejdfcp05kfh/wish/2835215508

 

Demikian sekilas kisah dari mengikuti KPI tahun 2023. 

error: Content is protected !!