Konferensi Ibu Pembaharu

Konferensi Ibu Pembaharu : Strong and Happy Single Mom

Part 1 (20 Desember 2021)

Konferensi Ibu Pembaharu sudah memasuki hari keempat dan sampai saat ini sudah ada delapan narasumber yang sudah tampil. Saya banyak belajar dari para narasumber ini. Hari ini ada dua narasumber yang tampil, yaitu Mbak Mauren Hitipeuw dan Mbak Listriana Suherman.

Jadwal acara Konferensi Ibu Pembaharu hari keempat

Kisah Inspiratif dari Mbak Mauren Hitipeuw di Konferensi Ibu Pembaharu

Pada Konferensi Ibu Pembaharu ini, Mbak Mauren Hitipeuw membagikan pengalaman hidupnya sebagai seorang single mom, akibat perceraian. Dia sempat menjalani masa-masa sulit akibat perceraian, namun hal itu tidak membuatnya terpuruk. Dalam kegelisahan ini, Mbak Mauren akhirnya berhasil menginisiasi sebuah komunitas yang dikenal dengan nama Single Moms Indonesia (SMI).

Talkshow bersama Mbak Mauren

Yang menarik dari kisah inspirasi yang dibagi Mbak Mauren pada acara 1 dekade ibu profesional ini adalah cara beliau bangkit dari masalah yang dihadapinya. Dia mengajak para wanita Indonesia yang menghadapi permasalahan yang sama dengan dirinya untuk berjuang dan bergerak maju kedepan bukan hanya hidup di masa lalu.

Melupakan kenangan buruk bersama orang mantan suami adalah hal yang tidak mungkin. Yang perlu kita lakukan adalah menciptakan kenangan indah yang lain.

Mauren Hitipeuw

Tips Berdaya dan Berkarya untuk Single Mom

Berikut tips mudah dari Mbak Mauren untuk bisa berdaya dan berkarya sebagai ibu tunggal.

  • Bersikap proaktif dan mengubah pola pikir. Saat mengalami permasalahan perceraian, mencari bantuan pihak ketiga merupakan salah satu langkah yang penting dilakukan. Ini akan sangat membantu dalam proses penyembuhan sehingga siap untuk menjalani langkah selanjutnya.
  • Ciptakan visi diri yang positif. Perceraian bukanlah akhir dari kehidupan ini, tapi merupakan suatu proses yang bisa membuat kita belajar banyak hal tentang hubungan antar pasangan.
  • Buat skala prioritas dalam hidup. Ingat di masa ini kestabilan tumbuh kembang anak perlu menjadi salah satu hal yang diperhatikan. Jangan sampai masalah orang tua berdampak buruk bagi anak.
  • Menerima dan melepaskan masa lalu yang sudah terjadi, sehingga siap untuk melangkah ke masa depan.
  • Terus belajar untuk mengembangkan skill diri dan bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Katakan TIDAK untuk hal-hal yang tidak membahagiakan dan membuat tidak nyaman.

“Fokuslah pada target yang kita impikan, bukan fokus pada ketakutan kita.”

Mauren Hitipeuw

Tips Berkarya untuk Single Mom

Selanjutnya dalam acara Konferensi Ibu Pembaharu ini, Mbak Mauren juga membagi tips sederhana untuk berkarya, yaitu sebagai berikut :

  • Berhenti mendengarkan omongan orang lain.
  • Lakukan hal yang kita inginkan tulus dari dalam hati. Berkaryalah dengan tujuan untuk memberi manfaat bagi orang banyak.
  • Galilah potensi diri, lakukan aktivitas yang kita cintai.
  • Disiplin dan terus belajar.
  • Cari mentor yang bisa membimbing dan mengarahkan. Mentor yang baik bisa membuat kita berpikir sendiri dan mengambil keputusan penting dalam hidup kita.
  • Berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain.
  • Jangan takut dan malu dengan keunikan yang kita miliki. Berbanggalah karena kita punya potensi masing-masing yang tidak sama dengan orang lain.
  • Latih otot syukur, karena semua yang terjadi, kesuksesan kita adalah salah satunya karena campur tangan yang Maha Kuasa.

Dalam kesempatan ini Mbak Mauren juga menyampaikan kekhawatirannya melihat fenomena angka perceraian yang semakin meningkat, terutama di kalangan muda. Salah satu solusi yang tercetus adalah pentingnya melakukan edukasi kepada setiap pasangan sebelum terjadinya pernikahan. Pasangan tersebut, terutama pihak wanita, perlu diberi pemahaman bahwa pernikahan bukan akhir dari kehidupan, seperti yang mereka bayangkan dalam cerita dongeng, yaitu menikah dan kemudian hidup bahagia selamanya. Akan ada banyak hal yang terjadi setelah pernikahan tersebut, baik bahagia maupun duka. Pemahaman sejak awal akan hal ini kepada pasangan yang akan menikah sangat penting dilakukan.

“Komunikasi adalah hal penting untuk menjaga tali pernikahan tetap langgeng, karena lelaki Indonesia pada umumnya sulit mengungkapkan perasaannya.”

Mauren Hitipeuw

Komunitas SMI yang didirikan oleh Mbak Mauren merupakan salah satu wadah yang menaungi para Ibu tunggal, sehingga mereka bisa kembali siap untuk berdaya dan berkarya. Komunitas yang dulunya hanya sebagai wadah untuk saling berbagi pengalaman dan saling menguatkan setiap Ibu tunggal, sekarang sudah diisi dengan berbagai kegiatan seperti Offline Event, Online Event, Kuliah Whatsapp, Webinar serta Mentorship.

Insight Hari Ini di Acara Konferensi Ibu Pembaharu

Hampir 1,5 jam saya mendengarkan sharing dari Mbak Mauren yang sangat menginspirasi. Banyak catatan penting yang bisa menjadi bahan pembelajaran hidup bagi saya pribadi. Yang saya senangi adalah para narasumber ini merupakan wanita hebat yang tidak terpuruk pada permasalahannya namun fokus mencari solusi, sehingga akhirnya solusi yang mereka dapatkan bisa memberi manfaat bukan hanya buat diri mereka pribadi tapi juga kepada orang banyak. Ini tentu saja sejalan dengan apa yang selama ini saya pelajari di Ibu Profesional.

Terakhir Mbak Mauren menutup pembicaraan hari ini dengan quote yang indah sebagai berikut :

Walau banyak masalah namun kita semua berharga dan kita bisa bangkit kembali.”

Mauren Hitipeuw

Yang belum gabung, boleh langsung kunjungi situs konferensi di bawah ini:

http://www.konferensiibupembaharu.ids

error: Content is protected !!