Cerita Keseharian

Komunitas Menulis KLIP Aja

Komunitas menulis yang pertama saya ikuti adalah Komunitas Literasi Ibu Profesional (KLIP). Ini adalah bagian dari Kampung Komunitas Ibu Profesional.

Komunitas menulis KLIP

KLIP telah berdiri sejak tahun 2019, tepatnya mulai resmi mengumumkan kegiatan dan menerima para anggota sejak tanggal 19 Januari 2019. Jadi jangan heran jika angka 19 menjadi keramat bagi KLIP. Hehe …

KLIP sudah dua tahun memulai programnya, saat saya baru mulai bergabung di tahun 2021. Telat banget … Padahal program yang ada cukup bagus untuk mendukung konsistensi dalam menulis dan membuat banyak karya dalam bidang literasi. Nah teman-teman jangan sampai telat seperti saya ya.

Baca juga : Reviu Film Spiderman – No Way Home

Tahun 2022 ini KLIP kembali membuka pendaftaran untuk para penulis, baik pemula maupun tingkat mahir yang ingin memiliki jaringan teman lebih luas dan sharing ilmu lebih banyak. Pendaftaran KLIP buka sejak tanggal 29 Desember 2021 sampai dengan 19 Januari 2022.

Alasan Memilih KLIP sebagai Komunitas Menulis

Menulis bagi saya adalah seperti menghidupkan cita-cita masa kecil, semangat membara yang bikin hari-hari jadi menyenangkan. Menulis adalah passion yang terus saya coba gali dan kembangkan. Minat menulis kembali muncul pertama kali setelah saya ikut sebagai kontributor dalam buku pertama terbitan IP Kalbar dengan judul Baper Gak Pakai Lama.

Setelah itu sepertinya semangat menulis saya kembali hidup. Saya pun bergabung di Rumbel Menulis di Kampung Komunitas IP Kalbar. Akan tetapi sepertinya ada di Rumbel tidak cukup buat mendukung semangat menulis yang lagi menggebu. Saat pertama kali mendengar tentang KLIP dari salah satu teman Rumbel, saya pun langsung mencari tau info lengkapnya di media sosial.

Secara umum, program yang ada di tahun 2021 adalah tentang konsistensi menulis selama 12 bulan dengan minimal setoran 300 kata pertulisan. Para penulis akan mendapatkan 3 badge setiap bulannya berdasarkan banyaknya tulisan, yaitu setoran sepuluh hari, dua puluh hari dan 30 hari. Selama satu tahun harus bisa mendapatkan 9 badge agar bisa lulus dalam program ini dan mendapatkan apresiasi berupa sertifikat kelulusan.

Program ini sangat menarik buat saya dalam membangun konsistensi dan kebiasaan menulis. Saya mendengar dari salah satu penulis buku Indonesia yang cukup produktif, dalam salah satu workshopnya, Bunda Asma Nadia.

Menulis bukanlah bakat, namun keterampilan yang bisa dilatih.

Asma Nadia

Saya tau bahwa cara terbaik dalam melatih suatu keterampilan adalah dengan melakukannya secara terus menerus. Tetapi untuk dapat melakukan hal yang sama terus menerus, memaksa melakukan hal baru diluar kebiasaan yang kita lakukan, memerlukan trigger dan teman yang mendampingi. KLIP adalah jawabannya.

KLIP Membuat Saya Tambah Bangga dengan Diri Sendiri

Setelah menjalani selama 12 bulan, ternyata saya tau bahwa saya bisa lho konsisten menulis selama minimal 20 hari dan yang paling membanggakan saya bisa menulis lebih dari 500 kata dalam sekali duduk. Wow … dulu, nulis 100 kata saja rasanya perlu waktu seharian, sekarang 2 jam saya bisa menulis hampir 500 kata lebih. I proud with myself.

Satu lagi kemajuan pesat sejak bergabung di KLIP adalah tumbuhnya kepercayaan diri untuk menampilkan karya. Saya dulu sangat tidak percaya diri menampilkan karya. Anggapan bahwa tidak bisa menghasilkan karya yang bagus terus menghantui di kepala, sehingga pilihan yang paling tepat, saat itu, adalah menyembunyikannya.

Baca juga : Kemeriahan dalam acara Konferensi Ibu Pembaharu

Alhamdulillah bergabung di KLIP, pada tahun 2021 ini saya bisa menerbitkan satu buku solo dan satu novel daring, yang menjadi peserta lomba cerita di aplikasi KBM. Wah … tepuk dada sendiri. Saya benar-benar bangga dengan diri ini.

Wisuda KLIP adalah Cara Unik Komunitas Menulis Mengapresiasi Karya

Setelah saya dan teman-teman konsisten untuk menulis selama satu tahun, dan mengumpulkan satu karya sebagai setoran skripsi, KLIP pun mengapresiasinya dengan cara yang unik, yaitu Wisuda. Langsung berasa kuliah lagi. Hehe….

Dari 564 orang yang mendaftar di bulan Januari 2021, ada 53 orang yang bisa menyelesaikan tantangan dan ikut dalam acara wisuda yang meriah.

 

Walau pelaksanaan acara wisuda melalui aplikasi meeting online, kemeriahannya tetap terasa. Pelaksanaan wisuda berlangsung hampir selama 2,5 jam, tapi terasa sangat cepat berlalu. Hingga akhir acara, peserta wisuda masih ramai mengikuti.

Komunitas menulis KLIP

Komunitas menulis KLIP

Dalam acara wisuda kali ini, selain pemberian penghargaan kepada para wisudawati yang memiliki prestasi, juga diramaikan dengan beragam hadiah menarik. Saya beruntung bisa memenangkan satu hadiah kuis dan bisa masuk dalam dua kategori wisudawati berprestasi.

Berikut penghargaan yang dibagikan pada saat wisuda.

19 Wisudawati dengan Rata-Rata Jumlah Kata/ Setoran Terbanyak 2021

19 Wisudawati dengan Jumlah Total Kata Terbanyak 2021

19 Wisudawati dengan Jumlah Setoran Terbanyak 2021

Keseruan lengkap Wisuda KLIP bisa kita simak disini.

Program Komunitas Menulis KLIP tahun 2022

Tahun 2022 ini, KLIP tampil dengan program baru yang memiliki tujuan lebih besar, yaitu mendorong para anggotanya bisa menghasilkan karya literasi yang berkualitas. Program ini mereka rangkum dan beri nama Grand Desain KLIP 2022.

Ada apa saja yang KLIP tawarkan dalam rangka mendorong anggotanya semakin bersinar? Simak di video berikut.

Pada grand desain ini, ada beberapa perubahan yang krusial, yaitu :

  1. Platform koordinasi komunitas dari grup whatsapp berubah ke grup telegram.
  2. Program menulis akan dibagi menjadi 4 sesi, yaitu gerbang kelas, kelas persiapan, kelas karya dan kelas bahagia.
  3. Akan ada challenge di setiap sesi program, yang harus diikuti sebagai syarat kelulusan.
  4. Hanya akan ada 99 peserta dengan setoran yang terbanyak pada bulan Januari 2022 bisa bergabung di grup telegram.
  5. Materi pelajaran kepenulisan juga akan para anggota dapatkan dalam setiap sesi.
  6. Di sesi kelas karya, anggota akan mendapatkan bimbingan sehingga bisa menerbitkan karya sesuai dengan passionnya.
Kelas literasi ibu profesional
Roadmap Grand Desain KLIP 2022

Wuih keren banget kan program 2022 ini. Jadi jangan sampai ketinggalan. Yang mo gabung masih bisa sampai tanggal 19 Januari 2022 ya.

Langsung saja klik link berikut : Pendaftaran KLIP.

Practices make progress

Gabung di KLIP bikin kita punya banyak karya. Yuk gandengan di KLIP.

 

error: Content is protected !!