Ulasan Buku dan Film

Jangan Remehkan Kata-Kata : Kutipan Pemikiran Anies Baswedan yang Menggerakkan

Identitas Buku

Penyusun : Muhammad Husnil, M. Chozin Amirullah

ISBN : 978-623-6083-383

Penerbit : Rene Turos Indonesia

Cetakan I : Agustus 2022

Jumlah halaman : 208 lembar

Hardcover

Anies Baswedan, tokoh politik yang sekarang sedang viral karena merupakan salah satu calon Presiden RI periode 2024-2029. Aksinya serta pidato-pidato yang dia sampaikan terkadang menimbulkan kontroversi. Beliau bahkan dijuluki sebagai King of Retorika. Namun jika kita cermati lebih jauh, banyak makna dan inspirasi yang terkandung dalam kata-kata yang beliau ucapkan.

Inilah yang menggerakkan penyusun untuk mengumpulkan potongan-potongan kata penuh makna dalam pidato yang beliau sampaikan, kemudian dirangkai dan tersusunlah satu buku yang berisi kutipan kata penuh motivasi dan inspirasi dalam judul Jangan Remehkan Kata-Kata.

Cerita Tentang Buku

Saya membeli buku ini secara daring, karena tidak tersedia di toko buku setempat. Harga buku ini sebesar Rp.95.900 belum ditambah ongkos kirim. 

Saya menunggu kurang lebih 3 hari untuk dapat menikmati membaca inspirasi dan motivasi dari salah satu tokoh yang saya idolakan ini. 

Tampilan buku menarik dengan hard cover dan ilustrasi warna warni full dari cover hingga halaman akhir. Cover depan buku menggambarkan nasionalisme yang tinggi dengan adalah gambar seorang pahlawan membawa bambu runcing dengan bendera merah putih di bagian ujungnya.

Setiap dua halaman buku diisi dengan full color ilustrasi dan 1 buah kutipan motivasi. Ukuran buku selebar A6 membuatnya enak untuk digenggam dan dibawa-bawa dalam tas sebagai teman membaca sambil nongki cantik. 😁

Begitu buku ini saya buka, satu kata motivasi langsung menyambut untuk mencerahkan hati saya yang sedang gundah. Kata-katanya sebagai berikut :

“Lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan.”

Makjleb membacanya. Yah saya langsung teringat bahwa seringkali saya mengeluh dengan segala peristiwa dan masalah yang terjadi, tanpa berpikir untuk menyelesaikannya. Kutipan ini langsung menyadarkan saya untuk tak pernah putus asa mencari solusi. 

Jika di Ibu Profesional, ibu Septi malah mengajari kita untuk belanja masalah. Karena sepatutnya masalah bukan untuk ditakuti, namun untuk dapat diatasi.

Pendapat tentang Buku

Buku ini memuat sebanyak 100 kutipan kata-kata Pak Anies tentang motivasi, harapan, semangat perjuangan, dan nasionalisme. Banyak kutipan ini yang mengajak kita untuk lebih peduli dengan nasib bangsa Indonesia, karena di tangan para pemudalah masa depan bangsa Indonesia dipertaruhkan. 

Membaca buku ini membawa inspirasi baru dalam diri saya dan kembali menumbuhkan rasa nasionalisme yang lama tak dipupuk. 

Kata-kata yang tak panjang namun penuh makna lebih menggetarkan hati. Tak perlu menggunakan istilah rumit, namun kesederhanaannya itulah yang membuat kutipan dalam buku ini lebih bermakna.

Saya merasa 100 kutipan kata belum cukup, dan bisa diperbanyak lagi dengan membuat kutipan di setiap halamannya.

Yang penasaran dengan isi buku ini bisa langsung mencarinya di toko daring kesayangan. Selamat membaca dan mendapatkan inspirasi dari kata-kata penuh makna Pak Anies Baswedan.

“Baris kata yang diungkap dengan hati dan sepenuh hati bisa terhapus dari mata, tapi tak bisa dihapus dari ingatan.”

error: Content is protected !!