Cerita Keseharian

Hari Pertama Masuk Sekolah di Masa Pandemi 2021

26 Juli 2021

Tahun ajaran baru telah dimulai. Ini adalah semester 1 untuk pembelajaran selama 6 bulan, yaitu Juli 2021 – Januari 2022.

Alhamdulillah tahun ini Kak Kia menjejakkan kakinya di kelas VII SMPN 3 Pontianak. Sedangkan Kak Mira masuk usia kelas 1 SD melalui jalur Homeschooling (HS) Tunggal dan sudah terdaftar di PKBM Generasi Juara. Dek Yaya terus melanjutkan kegiatan HS usia dini.

Kak Kia Memasuki Jenjang SMP

Ini adalah seragam pertama kali yang dibeli setelah melalui kurang lebih 1,5 tahun masa pandemi dan belajar jarak jauh (daring). Kak Kia terlihat bersemangat menggunakan seragam barunya ini. 

Masa SMP ini tidak akan sama seperti saat dia SD dahulu. Masa pembelajaran daring di SD bisa dilaluinya dengan santai. Pertemuan rutin hanya dilakukan satu minggu sekali. Sisanya guru hanya memberikan tugas yang harus dikumpulkan tepat waktu.

Di SMP ini Kak Kia sudah harus masuk setiap hari sesuai dengan jadwal pembelajaran yang diberikan. Pembelajaran dilakukan selama 5 hari mulai dari Senin – Jumat dengan durasi waktu mulai jam 07.15 – 10.30 WIB. 

Kak Kia yang terbiasa santai di masa SD harus mulai dipacu lagi semangatnya untuk masuk ke kelas. Setiap pagi ada rutinitas baru untuk mengingatkannya agar bersiap masuk ke kelas daring sebelum pukul 7.15 WIB.

Hari pertama masuk sekolah dapat dilalui Kak Kia dengan lancar. Sebelum pukul 07.00 WIB, dia sudah siap dengan seragam barunya, sudah selesai sarapan dan duduk santai menunggu waktu untuk masuk kelas.

Kak Kia masuk di kelas VII G. Wali kelas yang bernama Bu Yanti sangat pro aktif memberikan arahan dan petunjuk bagi orang tua maupun siswa agar siap menghadapi pembelajaran daring dengan aplikasi google class dan google meet.

Untuk materi pembelajaran dan pengumpulan tugas diberikan melalui google class. Sedangkan pertemuan daring dilakukan dengan google meet.

Hari pertama masuk sekolah sekarang tidak ada kehebohan untuk mengantar anak ke sekolah, namun berganti dengan kehebohan belajar aplikasi belajar buat anak. Jangan sampai karena ortu gaptek, anak tak bisa masuk kelas. 😅 

Saya bersyukur pernah beberapa kali ikut kelas Ibu Profesional menggunakan google class, jadi tidak asing dengan fitur-fitur yang ada. Untuk google meet sendiri merupakan aplikasi yang saya gunakan untuk pertemuan daring di kantor selama pandemi.

Homeschooling Kak Mira dan Dek Yaya

Melihat Kak Kia dengan kehebohannya masuk sekolah di hari pertama, membuat Kak Mira dan Dek Yaya tak mau ketinggalan.

Kak Mira dan Dek Yaya mengambil jalur pendidikan yang berbeda dengan sang Kakak, yaitu Homeschooling (HS), sehingga jadwal pelajaran mereka pun berbeda dengan Kak Kia. Pembimbing utama HS mereka adalah saya dan pembelajaran biasanya kami lakukan di malam hari.

Pagi hari mereka bebas untuk bermain dan belajar sesuai dengan keinginan mereka.

Pagi ini mereka bermain peran menjadi anak sekolah yang bersiap berangkat. Atribut dan perlengkapan bermain merupakan hasil kreasi mereka berdua. Untuk berangkat sekolah mereka memilih menggunakan sepeda.

Mereka memang tidak menyukai pembelajaran secara daring. Beberapa kali saya mengikuti mereka di kelas daring dan yang terjadi lebih banyak kehebohan karena mereka kurang berminat dengan kelas-kelas tersebut.

Malam hari akhirnya tiba juga. Ini adalah waktunya HS Kak Mira dan Dek Yaya. Untuk Kak Mira fokus utama adalah melancarkan kemampuan membaca dan menulisnya.

Kali ini sebelum mulai membaca kami mengerjakan lembar kerja yang berisi materi menghubungkan suku kata dan menjawab pertanyaan dengan benar. Setelah selesai mengerjakan, Kak Mira lanjut belajar membaca dengan menggunakan buku tematik K13. Materi pertama adalah pengenalan diri. 

Materi HS buat Dek Yaya adalah melatih motorik halusnya dengan kegiatan menggunting dan menempel. Dek Yaya juga belajar mengelompokkan benda sesuai dengan bentuk dan kendaraan sesuai dengan lokasi berjalannya.

Kegiatan belajar malam ini berjalan sangat lancar. Hasil dari kerja mereka dapat dilihat sebagai berikut.

Dek Yaya sangat bersemangat dengan aktivitas yang dilakukannya. Dia menggunting, menempel, kemudian mengelompokkan benda sesuai dengan petunjuk di worksheet.

Tak lupa di bagian akhir dia menuliskan namanya disetiap worksheet yang sudah dikerjakannya.

Kak Mira bersemangat mengerjakan tugas menulis di lembar kerja. Akan tetapi ketika tahap membaca, dia minta ditemani Toni dan Tino, sang bayi kucing, baru mau melanjutkan aktivitas membaca.

Alhamdulillah hari pertama masuk sekolah dapat berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

Hari pertama sekolah di masa pandemi tidak akan sama seperti masa saya dulu. Akan tetapi kita harus selalu bisa beradaptasi dan menjaga semangat belajar anak.

Melalui belajar dengan cara yang mereka senangi anak akan bisa menemukan jati diri mereka.

Disaat pandemi ini bukan hanya anak yang perlu belajar, kita sebagai orang tua juga harus selalu menambah ilmu sehingga bisa mendampingi anak belajar dengan bahagia.

Selamat bertumbuh dan berkembang bersama keluarga yang dicintai.

4 komentar pada “Hari Pertama Masuk Sekolah di Masa Pandemi 2021

  • Salut 👍👍 two thumbs up untuk mbak Nana idolaku sedari kukenal di kampung kita tercinta ❤

  • Indri Setyawati

    Masyaa Allah keren keluarga kiraya…
    Semoga makin rajin belajarnya yaa 😍😍
    Ini mamanya kesabarannya luar biasa.😍♥

Komentar ditutup.

error: Content is protected !!