Cerita KeseharianIbu Profesional

Fun Fair, Lebih dari Sebuah Acara Seleh

Tahun ini, tepatnya pada bulan Mei 2022, sudah dua tahun kepengurusan periode 2021-2022 IP Kalbar berjalan. Suka dan duka banyak dirasakan selama ini, apalagi kepengurusan periode ini dilalui pada masa pandemi. Ini membuat hampir sebagian besar kegiatan hanya bisa dilaksanakan secara daring. 

Latihan Tim 1

Ini tentu saja akan membuat suasana yang sangat berbeda dengan masa-masa sebelumnya, saat kegiatan IP Kalbar bisa dilaksanakan dengan luring. Intensitas untuk saling bertemu dan berinteraksi menjadi terbatas dan sangat rawan dengan kesalahan komunikasi. Kami sebagai pengurus juga harus belajar menyesuaikan diri dan belajar kembali dengan cara baru, agar tetap bisa menjalani program-program yang mengasyikkan secara daring.

Tapi bukan Ibu Profesional jika tidak bisa menjawab dan mengatasi semua tantangan tersebut. Pengurus IP Kalbar tetap bisa menjalankan aneka program kegiatan berbasis daring dan menghasilkan belasan karya dalam kurun waktu dua tahun ini. Karya-karya tersebut sebagian besar berbentuk digital, sehingga bisa dimanfaatkan oleh lebih banyak masyarakat.

Sekarang kami jadi menyadari bahwa saat kita tidak lelah mencari jawaban untuk menyelesaikan suatu permasalahan, maka akan ditemukan jalan keluar yang luar biasa dan punya efek yang lebih besar.

Ada satu ciri khas dari Ibu Profesional saat akan mengakhiri masa jabatan (seleh), yaitu harus dilakukan dengan High Energy Ending (HEE). Kami harus bisa mengakhiri masa kepengurusan ini dengan energi yang lebih banyak, dengan kegembiraan, sehingga siap untuk menjalani langkah selanjutnya. Untuk itulah Manajer Program IP Kalbar menggelar acara HEE bagi seluruh pengurus IP Kalbar dengan tajuk Fun Fair yang diisi dengan dua program, yaitu CLBK dan Memorabilia.

CLBK (CeritaLah Berbagi ke Kamek)

Program pertama yang akan kami laksanakan adalah CLBK. Konsep acara adalah berbagi tentang cerita apa pun yang terkait hobi/ keterampilan/ pesan/ passion dll yang akan diisi oleh dua orang pengurus setiap harinya. Total pengurus di Family Team adalah sebanyak 35 orang. Program ini akan dilaksanakan setiap hari, mulai tanggal 28 Maret – 22 April 2022. 

Pemilihan pengisi acara dilakukan dengan melakukan kocokan nama melalui aplikasi pengocokan digital. Pengocokan nama dilakukan satu hari sebelum penampilan. Jadi kita tidak akan pernah tau akan akan tampil di hari ke apa. Materi berbagi bisa dipersiapkan jauh hari, kalau tidak ada materi pun, bisa berbagi cerita saja secara langsung. 

Dalam satu sesi ada dua pengisi acara, masing-masing saling bertukar peran baik sebagai narasumber ataupun pembawa acara. Pada acara CLBK, saya mendapatkan kesempatan tampil pertama bersama Ibun Tina yang merupakan Sekreg IP Kalbar periode 2021-2022. Kami membagikan cerita penyusunan dan cara penggunaan jurnal Ramadhan 1443 H, yang sekaligus menjadi hamper Ramadhan tahun ini dari IP Kalbar,

Alhamdulillah program CLBK ini dapat berlangsung dengan meriah dan kami para pengurus semakin mengenal lebih dekat tentang apa kesenangan ataupun keahlian yang dimiliki oleh teman-teman sesama pengurus. Selain itu banyak juga souvenir yang bisa didapatkan selama pelaksanaan acara CLBK ini. 

Memorabilia (MEraMu Oleh-oleh kaRyA Bersama FamILi teAm)

Memorabilia adalah program kedua yang dilaksanakan dalam acara Fun Fair. Konsep acara ini adalah membentuk lima tim kecil yang akan bekerja sama untuk menjadi EO dalam mengisi acara puncak HEE. Setiap tim akan diberi waktu 15 menit untuk membuat acara yang berkesan dan ditampilkan dalam acara puncak pada tanggal 29 Mei 2022 pukul 09.00 – 10.30 WIB.

Dokumentasi Keseruan Acara Family Team

Penentuan tim, lagi-lagi, berdasarkan kocokan nama secara digital. Saya sendiri masuk dalam tim 1, yang akan menjadi pembuka acara. Dalam tim 1 ada juga 6 teman lainnya, yaitu Mbak Melati, Mbak Amanda, Mbak Ikha, Mbak Nuri, Mbak Neneng dan Mbak Lanny.

Dalam penentuan tayangan yang akan ditampilkan, kelompok kami cukup alot. Rasanya ingin menampilkan hal yang tidak biasa, namun masih bingung dengan konsep. Setelah berembuk lama, diambil keputusan membuat video dengan tema Multiverse atau perjalanan antar dimensi.

Pembuatan video saya lakukan dalam waktu sangat singkat, H-1 sebelum puncak acara. Salah satu penyebabnya karena pengumpulan video dari rekan-rekan satu tim yang juga terlambat. Selain itu beberapa agenda kegiatan lainnya yang membuat pengerjaan video jadi tertunda. Bersyukur teman-teman menyukai hasil karya superkilat ini. 

Berikut adalah tayang video yang ditampilkan oleh rekan-rekan sepanjang acara berlangsung.

Karya Tim 1

Karya Tim 2

Karya Tim 3

Karya Tim 5

Demikianlah rangkaian acara Fun Fair sebagai bagian dari acara HEE sebelum Seleh oleh pengurus IP Kalbar. Semuanya berkesan dan menjadi kenangan indah sebelum masa jabatan kami berakhir. Terima kasih buat semua pengurus IP Kalbar yang sudah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dan untuk semua kebersamaan kita selama hampir 2 tahun ini.

Semoga kita bisa bertemu lagi dalam kepengurusan berikutnya dengan membawa ide-ide segar dan semangat baru. Aamiin.

error: Content is protected !!