Cerita Keseharian

Festival Kulminasi Matahari Pontianak

Setiap tahun, yaitu di bulan Maret dan September tepatnya tanggal 21 s.d 23 adalah salah satu waktu yang dinantikan di Kota Pontianak, karena pada waktu itu akan terjadi fenomena alam yang disebut Kulminasi Matahari.

Kulminasi Matahari

Kota Pontianak, sebagai satu-satunya kota di dunia yang dilalui oleh tepat garis 0 derajat garis Khatulistiwa, membuatnya dikenal dengan sebutan kota Khatulistiwa. Keistimewaan ini membuat Kota Pontianak akan mengalami fenomena alam yang disebut Kulminasi Matahari. Fenomena alam ini terjadi sebanyak 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada tanggal 21 s.d 23 Maret dan 21 s.d 23 September.

Kulminasi matahari, adalah saat matahari berada di titik paling tinggi di atas garis khatulistiwa. Posisi matahari tepat berada di titik zenit atau kepala pengamat. Hal ini menyebabkan bayangan pengamat bisa menghilang sesaat. Hari ini sering juga disebut sebagai hari tanpa bayangan.

Fenomena alam ini membuat Kota Pontianak ramai dikunjungi wisatawan setiap periode titik Kulminasi Matahari, yang ingin menyaksikan secara langsung fenomena alam ini.

Festival Titik Kulminasi

Pemerintah Kota Pontianak tentu tak ingin ketinggalan memeriahkan fenomena alam yang langka ini. Mereka pun mengadakan Festival Titik Kulminasi pada tanggal tersebut.

Bertepatan di tanggal 21 Maret 2023, Festival Titik Kulminasi dirayakan kembali dengan dihadiri oleh Pimpinan Daerah, pejabat di lingkungan Kita Pontianak, tokoh-tokoh masyarakat serta khalayak umum.

Festival berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga menyongsong terjadinya proses Titik Kulminasi Matahari di pukul 11.54 WIB.

Pada Festival ini dimeriahkan dengan penampilan senam kreasi murid SD, permainan musik angklung SD, berbalas pantun anak, celoteh anak, fashion show, permainan musik Sape dan hiburan musik dari artis lokal Kota Pontianak.

Ritual Mendirikan Telur

Festival berlangsung meriah. Panasnya Kota Pontianak siang ini tak menyurutkan antusiasme masyarakat mengikuti acara hingga akhir.

Saat menjelang titik Kulminasi, matahari bersinar sangat terik, namun peserta festival tetap bersemangat mengikuti salah satu prosesi penting saat titik kulminasi, yaitu mendirikan telur.

Peserta dibagikan telur yang kemudian didirikan di halaman depan Tugu Khatulistiwa. Ada yang berhasil mendirikan telur dengan mudah, namun banyak juga yang belum sukses mendirikan telurnya.

Saat kulminasi matahari, bayangan berada tepat di bawah tubuh. Dari hasil pengamatan belum terlihat menghilang sempurna, karena cuaca yang sedikit mendung.

Festival Kulminasi Matahari Kota Pontianak bulan Maret 2023 berlangsung meriah. Fenomena ini masih bisa dinikmati hingga tanggal 23 Maret. Bagi teman-teman yang ingin menikmati langsung fenoma alam langka ini bisa langsung menuju Tugu Khatulistiwa Kota Pontianak yang terletak di Jl. Khatulistiwa, Pontianak.

Selain menyaksikan Fenomena Titik Kulminasi, bisa juga menikmati wisata alam dan kuliner disini. Jadi jangan sampai ketinggalan hadir ya.

 

 

error: Content is protected !!