Cerita Keseharian

Berbagi di Ramadhan 1443 H bersama BPBJ Kota Pontianak

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk memperbanyak ibadah, salah satunya adalah sedekah dan infak. 

Alhamdulillah pada Ramadhan 1443 H ini saya dan rekan-rekan BPBJ diberikan kelapangan rezeki sehingga bisa menyalurkan kembali sedekah dan infak kami dalam bentuk barang kebutuhan pokok serta uang tunai. Kami akan menyerahkan donasi ini ke Panti Asuhan di daerah sungai Rengas bernama Baitul Hikmah.

Persiapan Donasi

Pemberian donasi rencana akan dilaksanakan besok hari tanggal 7 April 2022. Letak panti asuhan cukup jauh dari lokasi kantor, sehingga kami sepakat untuk berangkat pagi, sekitar pukul 08.00 WIB.

Agar acara bisa berjalan lancar, hari ini kami memutuskan untuk berbelanja kebutuhan bahan pokok yang akan didonasikan. Kami memilih pergi ke supermarket Kaisar, tak jauh dari lokasi kantor. Uang yang digunakan untuk berbelanja adalah hasil urunan rekan-rekan di BPBJ dan Bapak Asisten II.

Kami membeli beberapa kebutuhan seperti beras, gula, mie instan, teh, kopi, perlengkapan mandi dan cuci pakaian. Total belanjaan cukup banyak dan kami menggunakan 3 troli untuk mengangkutnya.

Barang-barang donasi kemudian di packing dengan kardus dan siap untuk dibawa esok hari. Sisa uang belanja kebutuhan bahan pokok akan diberikan dalam bentuk uang tunai.

Rincian donasi kami adalah sebagai berikut :

Jumlah urunan :

  • Uang tunai = 2.715.000
  • Pakaian layak = 4 kotak
  • Minyak goreng = 36 liter

Uang yang dibelanjakan bahan kebutuhan pokok :

  • Sembako (belanja kaisar) = 1.390.800
  • Telur (180 x 1.800) = 324.000
  • Total belanja = 1.714.800

Total uang cash yg diinfakkan = 1.000.000.

Persiapan Menuju Lokasi Donasi

Usai belanja kami pun pulang ke kantor dan mulai mendiskusikan tentang acara keberangkatan esok. Tak lupa saya membantu mencari alamat lengkap panti asuhan dan petunjuk arahnya melalui mesin pencari google map.

Sudah sejak lama, saya mengandalkan google map sebagai peta digital yang menunjukan arah ke lokasi yang diinginkan. Selama ini saya merasa cukup puas dengan aplikasi ini karena sangat membantu, apalagi bagi saya yang buta arah. 😅

Saat ini saya sendiri bergabung sebagai kontributor pengisi saran dan masukan tentang suatu tempat atau daerah yang ada di google map. Saya cukup beken di sana. 🤭 Karena ulasan saya sudah dibaca lebih dari 59 ribu kali. 

Nah untuk lokasi dari panti asuhan Baitul Hikmah kurang lebih bisa ditempuh dari kantor Walikota selama 30 menit. Kami mengambil waktu terlama yaitu 60 menit, memperhitungkan daerah yang dilalui cukup padat dan kondisi lainnya yang tidak bisa diprediksi.

Setelah semua rencana siap, saatnya menanti hari keberangkatan besok. Nantikan cerita lanjutannya 😁

error: Content is protected !!