Ceritaku

BEAUTY CARE FOR MOMMIES

FROM HEAD TO TOE – BY SETIORINI

Siang hari ini, saya berkesempatan ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan oleh Rumba Self Care Kampung Komunitas dan Regional IP Balikpapan Raya. Acara kali ini bertema tentang kecantikan. Begitu flyer kegiatan ini dipublish pada medsos Ibu Profesional pusat saya langsung tertarik dan mendaftar. Narasumber yang berbagi kali ini adalah salah satu member IP Balikpapan Raya yang juga merupakan Beauty Enthusiast, Mbak Setiorini. 

Mbak Setiorini ini sudah terkenal akan kiprahnya di dunia kecantikan. Bahkan, setahu saya, dia memiliki satu kelas daring khusus yang mengajar tentang seluk beluk merawat diri, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Saya pun tak sabar menantikan kelas zoom kecantikan hari ini.

Tepat pukul 13.30 WIB atau 14.30 WITA ruang zoom dibuka dan saya beserta peserta lainnya langsung bergabung untuk mengikuti pembahasan yang disampaikan oleh Mbak Rini, panggilan akrabnya. Mbak Rini memulai kelas hari ini dengan slide paparan yang membuka pikiran saya tentang arti kecantikan.

Apakah Arti Kecantikan Itu? 

Kecantikan adalah mengenai mindset/ pikiran seseorang. Arti kecantikan bisa berbeda bagi setiap orang. Bagi sebagian orang kecantikan bisa berarti wajah yang terawat, bagi sebagian orang bisa jadi tubuh yang sehat dan bugar. Jadi hal penting yang perlu dilakukan adalah menemukan arti kecantikan bagi diri kita masing-masing. Menemukan arti kecantikan akan membawa kita bahagia dan membuat lebih percaya diri. Makjleb. 

Kecantikan bisa dilihat dari dua sisi, yaitu dari dalam (inside) dan dari luar (outside). Kita perlu menentukan target untuk dua sisi kecantikan tersebut. Target ini penting sehingga kita dapat mengukur dan mengevaluasi apakah kita sudah berada dalam jalur yang tepat untuk mencapai kecantikan versi diri kita masing-masing. 

Sebagai contoh :

  1. Target Inside : Badan yang fit dan tidak cepat lelah
  2. Target Outside : Kulit yang lebih bercahaya/ tidak kusam.

Target yang sudah ditentukan dan jika bisa ditulis agar lebih melekat akan membuat kita bisa menentukan strong why yang tepat sehingga memperkuat alasan untuk harus merawat diri setiap hari. 

Mbak Rini juga mengingatkan bahwa seringkali kita lupa sebenarnya kulit adalah salah satu organ penting yang juga harus dirawat sama seperti organ lainnya sehingga dapat membantu kita untuk terus dapat menjalani hidup dengan baik. 

Perawatan diri penting untuk diajarkan dan diberikan pemahaman kepada anak-anak sedari dini. Jelaskan manfaat dari merawat diri tersebut sebagai bentuk kita menghargai anugerah yang telah Tuhan berikan.

Dalam merawat diri/ kulit ada dua perawatan yang bisa dilakukan, yaitu perawatan dasar (basic) seperti mandi, gosok gigi dll, serta perawatan intensif yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Untuk melakukan perawatan intensif kita perlu banyak belajar sehingga bisa menemukan skincare yang tepat bagi jenis kulit kita.

Ragam Perawatan Kulit

Love the skin you’re in.

Good skin, good mood, good day.

Skin first, make up second, smile always.

Perawatan pertama dimulai dari kulit rambut. Berikut beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Keramas 2x seminggu, 
  2. Gunakan shampo gentle (yang alami, tidak banyak berbusa atau berbau terlalu wangi), 
  3. Gunakan conditioner untuk melembutkan rambut, 
  4. Gunakan masker rambut 1x sebulan, 
  5. Gunakan hair tonik dan vitamin setelah keramas, 
  6. Pilih sisir yang sesuai dengan jenis rambut (pilih gigi sisir yang tidak rapat jika rambut rapuh/ curly), 
  7. Jangan lupa potong ujung rambut secara berkala (minimal 3-5 bulan sekali)

Perawatan kulit tubuh yang dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Gunakan gentle soap, 
  2. Jangan terlalu sering mandi air hangat, 
  3. Gunakan lotion tubuh setelah mandi, 
  4. Lakukan scrub minimal 1x sebulan, 
  5. Jaga pola hidup sehat (minum banyak air putih, istirahat cukup, konsumsi makanan sehat, dan kurangi gula)

Perawatan kulit wajah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Gunakan sunscreen secara teratur untuk mencegah terik matahari yang mengandung UVA (penyebab kerut) dan  UVB (penyebab warna wajah tidak rata/belang). 
  2. Bersihkan wajah sebelum tidur, gunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

Perawatan untuk kuku kaki dan tangan dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Pakai pelembab di kulit jari dan tangan, 
  2. Rendam jari kaki dan tangan di air hangat, 
  3. Potong kuku minimal 2 kali dalam sebulan, 
  4. Rapikan kulit mati di pinggir kuku dengan alat kikir kuku, 
  5. Haluskan kulit tumit kaki dengan penggosok khusus.

Untuk usia wanita 30 tahun keatas selain perawatan dari luar, jangan lupa mengkonsumsi vitamin E dan makanan yang mengandung kolagen.

Penutup

Acara hari ini bagi saya sangat memberi manfaat. Walau tidak dapat ikut secara penuh karena gangguan jaringan, banyak pengetahuan baru yang bisa didapatkan terutama mengenai istilah di bidang kecantikan kulit, yang bagi saya sangat awam di bidang ini. 

Beberapa kata yang disampaikan Mbak Rini membuat hati saya terketuk, terutama tentang saya yang sering lupa bahwa kulit adalah bagian organ terbanyak yang ada di tubuh, organ yang memiliki fungsi penting untuk melindungi tubuh, namun sering abai dirawat. Bersembunyi dibalik kata malas membuat kita lalai merawat tubuh. 

Seminar kali ini membuat saya kembali berkaca dan sebelum menyesal, sekarang saatnya harus memulai langkah awal merawat tubuh. 

Terima kasih panitia untuk acara serunya. Ditunggu acara-acara berikutnya.

error: Content is protected !!