Ulasan Buku dan Film

Atomic Habit

Kebiasaan Kecil Yang Mengubah Hidupmu

Pernah merasa hidup ini tak menentu, tak memiliki arah, dan tanpa kemajuan?

Jika jawabannya ya untuk ketiga pertanyaan itu, maka kamu perlu membaca buku ini. Atomic Habits, karya James Clear.

Saya mendengar dari beberapa tokoh idola tentang buku ini dan tertarik untuk menguliknya lebih jauh.

Di buku ini James Clear membeberkan bahwa hal-hal kecil yang kita lakukan secara rutin setiap hari akan membawa dampak luar biasa dalam kehidupan kita kedepannya.

James Clear membuatnya dalam suatu grafik dan menghitungnya secara matematis tentang kebiasaan yang dilakukan sebesar 1% setiap hari sepanjang 356 hari atau 1 tahun.

Disini dia memaparkan bahwa 1% saja kebiasaan baik yang rutin kita lakukan setiap hari, maka jika dihitung selama 356 hari atau satu tahun akan membawa perubahan baik kepada diri kita sebesar 37,78%.

Sedangkan kebiasaan buruk sebesar 1% saja setiap hari setelah dilakukan selama 356 hari akan membawa kita memburuk hingga 0,03%.

Bisa disimpulkan walau hanya 1% saja kita berusaha melakukan suatu kebaikan setelah 1 tahun kita akan membaik sebesar hampir 38%.

Wow … itu peningkatan yang sangat besar menurut saya. 😍

Memulai Kebiasaan Kecil

Sekarang kita sudah mengetahui bahwa kebiasaan kecil yang dilakukan bisa membawa dampak besar dalam hidup. Tapi bagaimana cara kita memulainya?

Jujur pada diri sendiri, buat saya yang paling berat dari mengubah diri dengan membiasakan hal baik baru, yang kita sendiri tau itu penting buat kita, adalah langkah pertamanya.

Di buku ini James Clear membuat berapa metode sehingga langkah pertama tersebut menjadi lebih ringan untuk dilakukan.

Obvious

Langkah awal setelah tau target kebiasaan baru yang akan dilakukan adalah membuatnya menjadi hal yang sejelas mungkin.

Mulai dari kapan akan melaksanakannya, berapa banyak akan dilakukan, dimana pelaksanaannya, bagimana cara mengerjakannya.

Contoh : saya sedang belajar bahasa Inggris melalui aplikasi. Saya menentukan akan melakukannya selama 5 menit, mengerjakan 1 tugas dalam aplikasi tersebut saat malam hari.

Langkah selanjutnya saya harus mencatat kemajuan yang sudah didapat. Ini penting untuk mengetahui bahwa kita terus bertumbuh setiap harinya.

Manusia tidak bisa melihat kemajuan yang terlalu kecil. Dengan mencatat kita akan menghargai proses kecil yang sudah dilakukan. Juga sebagai penanda kita tetap dalam jalur yang sudah ditentukan.

Attractive

Kebiasaan baru yang akan dibangun harus dilekatkan dengan kebiasaan lama yang sudah dijalani. Jika bisa lekatkan kebiasaan baru ini dengan kebiasaan yang paling kita senangi.

Contoh : saya membangun kebiasaan membaca bersama keluarga yang saya lekatkan sebelum waktu tidur. Membaca buku bersama menjadi sarana saling membangun bounding bersama anak dan mereka sangat menyenangi kegiatan ini. Sambil membaca kami juga bercerita tentang hal-hal yang terjadi hari ini berkaitan dengan cerita yang sedang dibaca.

Easy

Ada kalanya memulai kebiasaan baru menjadi berat karena sulit untuk dilakukan. Membuat kebiasaan baru menjadi semudah mungkin untuk dilakukan adalah hal yang penting.

Contoh : saya memulai kebiasaan membaca dengan cara meletakkan buku ditempat yang mudah diraih dan selalu terlihat di saat saya sedang duduk bersantai. Dengan demikian saya bisa memanfaatkan waktu santai tersebut dengan membaca buku.

Satisfying

Langkah terakhir yang tak kalah penting adalah memberikan hadiah kepada diri sendiri atas pencapaian atau keberhasilan yang sudah dilakukan dalam melakukan kebiasaan baik itu.

Demikian resume singkat dari buku Atomic Habit.

Siapa yang mau langsung praktek isi buku ini?

Yuk kita mulai bersama.

error: Content is protected !!